Kamis, 07 Juni 2012

BLOG


BLOG

A. Pengertian
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

B. Sejarah Blog
Blog merupakan hasil evolusi dari diary online. Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website).
Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. Jadi, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya. Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.
Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog. Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologis terbalik. Dari sini, semuanya benar-benar berubah. Blog bertumbuh demikian cepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpress sebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine.

C. Manfaat dari Blog

  1. Menambah ilmu, 
  2. Menjadi seorang researcher (peneliti)
  3. Menjadi penulis yang lebih baik, kita secara tidak langsung akan semakin terbiasa menulis. Dan secara alami kita pasti akan mencoba menyusun kalimat dan paragraf dan susunan kata-kata sebaik mungkin agar artikel kita menarik, dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog dan akan meningkatkan kemampuan kita dalam menulis dan menuangkan isi pikiran dan isi hati dalam bentuk tulisan. 
  4. Menjadi terkenal,  Semakin banyak artikel bermanfaat yang kita tulis di blog dan semakin banyak orang membaca dan menyukai tulisan kita (tentang apa saja yang kita bisa dan sukai) akan semakin dikenal banyak pengguna internet.
  5. Menambah teman dan relasi, Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Sangat besar potensi kita untuk memperluas pergaulan, mendapatkan teman-teman baru dan relasi-relasi baru khusunya dalam hobby/kesukaan/profesi yang sama. Dari sana sangat memungkinkan terjadi tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha. 
  6. Membantu orang lain, Jika anda mempunyai tips-tips atau pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah pengunjung anda akan merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan anda.
  7. Menghasilkan uang, salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah melalui program periklanan yang biasa disebut PPC (Paid Per Click). Jadi kita dibayar berdasarkan perklik iklan yang dilakukan pengunjung oleh advertiser penyedia jasa periklanan, baik luar maupun dalam negri.  
  8. Media Promosi, Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.


D. Kerugian dari Blog
1. Isi tidak dapat dipertanggungjawabkan
2. Sebagai saranan penipuan
3. Mempermudah plagiat

E. Jenis-jenis Blog
1. Berdasarkan Jenisnya
a. Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa update teratur atau tidak ) setiap blogger memiliki “sesuatu” utuk disampaikan via blog nya. Contoh : http://rahard.wordpress.com (Budi Rahardjo ), http://radityadika.com ( Raditya Dika ).

b. Corporate Blog. Blog yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. BIasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb.
Contoh : http://ycorpblog.com ( Yahoo! ),  http://googleblog.blogspot.com
( Google ), http://www.boeingblogs.com/randy/ ( Boeing )


c. Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project / produk tersebut. Contoh :www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger), http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome )

d. Niche Blog. Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu. http://publishedmind.blogspot.com
( Teknologi ), http://navinot.com ( IT in social way )

2. Berdasarkan Tujuannya
a. Blog untuk berorientasi personal. Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented ).http://hermansaksono.com ( Herman Saksono )

b. Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya : membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger.
Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com (Trainer), http://hermawan.typepad.com ( Marketing Consultant), http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )

c. Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung = high traffic = high clicks = high income.
Blog jenis ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark, dsb dsb.http://problogger.net, http://shoemoney.com

d. Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh :http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/

e. Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb. Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com

3. Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)
a. Vlog - singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video. Contoh: NotSoGeeky
b. LinkLog - Blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: Jennifer’s LinkLog
c. Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog
d. Photoblog / Phlog – Blog yang berkontenkan foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog
e. Tumbleblogs - blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbacai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog
f. Typecasting Blog – Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh: Type-Ten.com
g. Splog - singkatan dari spam blog. Blog berisikan HANYA iklan and nothing else. Terkadang disepipi beberapa konten copy paste. Contoh: Come on, sudah terlalu banyak blog seperti ini. Masa harus di beri tahu?
h. Blog iklan baris – Blog berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh:http://blogiklanbaris.com/
i. Blog Copy Paste - Blog yang kontennya copy paste dari blog lain. Berdasarkan Device (tools yang digunakan)
j. Moblog - Blog yang di update menggunakan perangkat mobile. Contoh:Dori’s Moblog


4. Berdasarkan Genre
a. Personal Blog – Blog pribadi, tentang seseorang
b. Political Blog – Blog bertopik Politik
c. Travel Blog – Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
d. Fashion Blog – Blog tentang fashion
e. Music Blog – Blog tentang musik
f. Education Blog – Blog tentang pendidikan

F. Cara membuat Blog
langkah 1
Langkah 2 


Langkah 3


Langkah 4
Langkah 5
Langkah 6
Langkah 7
Langkah 8
Langkah 9
Langkah 10
Langkah 11
Langkah 12
Langkah 13
Langkah 14
Langkah 15


Kesimpulan saya :
Blog yang merupakan bagian dari internet yang dapat digunakan untuk tempat mencurahkan tulisan-tulisan dari pembuat blog, dimana sangat bermanfaat bagi bloggernya sendiri dan bagi oranglain yang membacanya. Dengan Blog ini saya dapat berbagi cerita, pengalaman, menyalurkan hobi saya, tulisan-tulisan yang berbau ilmiah atau pengetahuan, dan berbagai hal yang lebih menarik lainnya lagi kepada para pengunjung Blog saya, dan seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa dengan ngeblog saya dapat membantu oranglain, dapat menanamkan kebaikan melalui tulisan-tulisan saya yang mengajak kepada hal yang baik, dan saya bisa mengisi waktu luang saya dengan ngeBlog di dunia internet dan selain itu saya dan para blogger lainnya dapat menjadikan dunia internet menjadi internet sehat yaitu memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang menjadi benar-benar berkembang dan saya juga dapat mendapatkan informasi dan pengetahuan baru dari para blogger lainnya sehingga wawasan saya pun daat berkembang juga. Cara membuatnya pun sangat mudah seperti yang sudah dijelaskan diatas. Untuk itu, mari teman-teman semua isi waktu luang kita dengan hal-hal yang bermanfaat untuk diri kita dan oranglain agar kita bisa menjadi individu yang membawa perubahan untuk hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar